Officially Weblog Simply Blog
"Best Viewed in Mozzila firefox or Google Chrome."
Simply Blog
Raymond Nourmanda - 112091118 manajemen 2009
Radio Ecekeduth
Request Your song's in Radio Ecekeduth
Officially Weblog Simply Blog
"Best Viewed in Mozzila firefox or Google Chrome."
Simply Blog
Raymond Nourmanda - 112091118 manajemen 2009
Radio Ecekeduth
Request Your song's in Radio Ecekeduth
Social Network
|
Sabtu, 24 September 2011 @ 06.53 Tema : KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK TELKOMSEL DAN TELKOM FLEXI DI 3 DAERAH Nama penyusun : Raymond Nourmanda Nomor Pokok Mahasiswa : 11209118 Falkultas / Jurusan : Ekonomi / S1-Manajemen DASAR PENELITIAN : 1. ANALISIS SIMULTAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN MINAT BELI PADA GRAPARI TELKOMSEL DI SURAKARTA 2. Analisis Kinerja Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Telkomsel Malang Area 3. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PRODUK TELKOM FLEXI DI KOTA SEMARANG Latar belakang masalah : Pada era globalisasi di saat kompetisi di bidang usaha semakin ketat, perusahaan-perusahaan harus mempunyai strategi pertahanan untuk mempertahankan konsumen melalui kualitas produk dan jasa yaitu waktu penyerahan lebih cepat, pelayanan yang lebih baik dibandingkan pesaingnya, dan empati yang tinggi kepada konsumen agar bisa ikut dalam persaingan seperti penelitian yang dilakukan oleh Seines 1993. Dimana hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa informasi produk atau jasa berpengaruh terhadap reputasi dan kepuasan konsumen, yang pada akhirnya reputasi dan kepuasan akan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Menurut Anderson & Lehman (1994), pelayanan yang berkinerja tinggi adalah pelayanan yang mampu memuaskan kebutuhan pelanggan atau dengan kata lain mampu melebihi harapan dari pelanggan. Jadi disini kualitas jasa lebih menekankan pada aspek kepuasan pelanggan. Kualitas jasa memiliki hubungan yang erat dengan kepuasan pelanggan. Dan pada gilirannya kepuasan pelanggan dapat menciptakan kesetiaan dan loyalitas pelanggan kepada perusahaan yang membedakan kualitas jasa yang memuaskan. JURNAL 1 TEMA : ANALISIS SIMULTAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN MINAT BELI PADA GRAPARI TELKOMSEL DI SURAKARTA PENGARANG : NUR ACHMAD LATAR BELAKANG : FENOMENA : Perkembangan teknologi dewasa ini membawa manusia untuk dapat melakukan segala hal secara instan. Salah satu contoh adalah dalam dunia komunikasi. Surat-menyurat tidaklah lagi menjadi satu-satunya jalan untuk melakukan komunikasi jarak jauh, handphone menjadi pilihan utama, selain bisa digunakan untuk komunikasi jarak jauh, dapat dibawa kemana-mana, handphone juga memiliki banyak kegunaan lain. Pemakainya semakin bertambah luas, boleh dikata setiap orang memakainya, seperti kebutuhan pokok, dengan kondisi semacam ini maka banyak pilihan kartu SIM Card yang ditawarkan oleh penyedia jaringan telekomunikasi. Kondisi semacam ini memaksa perusahaan produsen telekomunikasi untuk melakukan strategi yang tepat untuk mempertahankan produk mereka di pasaran. Dengan perkembangan jumlah pemakai yang semakin banyak maka banyak juga muncul perusahaan-perusahaan pendukung dalam bidang ini. Salah satu perusahaan produsen telekomunikasi yang terbesar di Indonesia saat ini adalah TELKOMSEL. Karena jumlah pelanggan yang semakin banyak dan kritis dan muncul banyaknya pesaing, maka perlu kiranya perusahaan mengenal seperti apa kelebihan ataupun kekurangan produknya di pasaran oleh perusahaan produsen TELKOMSEL. Demikian pentingnya kualitas pelayanan bagi perusahaan atau industri yang bergerak dibidang jasa pelayanan khususnya perusahaan TELKOMSEL yang bergerak di bidang telekomunikasi yang mana selalu mengikuti perkembangan dunia (up to date). Hal tersebut dilakukan dalam upayanya memberikan kepuasan pada pelanggannya agar tetap loyal kepada perusahaan TELKOMSEL, sehingga mampu menarik pelanggan baru, dan pengaruh terhadap niat beli (purchase intention) mereka. Disaat banyak pesaing bermunculan, tentu ada konsumen mereka yang berpindah merek dan hal tersebut menjadi factor yang harus diperhatikan dalam perusahaan. Jika hal tersebut benar-benar terjadi, maka perusahaan tersebut harus melakukan strategi-strategi yang tepat untuk tetap dapat mempertahankan produknya di pasaran. tujuan penelitian: untuk mengetahui kualitas pelayanan secara langsung berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Grapari Telkomsel di Surakarta; mengetahui kualitas pelayanan secara tidak langsung berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada Grapari Telkomsel di Surakarta; serta untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada Grapari Telkomsel di Surakarta. Motivasi penelitian : Bab ini menguraikan tentang definisi operasional variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian, metode pengumpulan data serta teknik analisis data untuk mencapai tujuan penelitian. Metode penelitian : Teknik analisis yang akan digunakan adalah analisis regresi yang digunakan untuk menguji pengaruh variabel-variabel bebas (independent) terhadap variabel terikat atau dependent. Analisis regresi dilakukan dengan bantuan program aplikasi statistik AMOS 5 for window. Penjelasan mengenai langkahlangkah dalam teknik analisis adalah sebagai berikut: 1. Uji Validitas Bila setiap indikator memiliki critical ratio yang lebih besar dari dua kali standar erornya, hal ini menunjukkan bahwa indikator itu secara valid mengukur apa yang seharusnya diukur dalam model yang disajikan. 2. Uji Reliabilitas Nunally dan Bernstein, (1994) dalam Ferdinand, (2005: 193) memberikan pedoman yang baik untuk menginterprestasikan indeks relibilitas. Mereka menyatakan bahwa dalam penelitian eksploratori, reliabilitas yang sedang antara 0.5-0.6 sudah cukup ntuk menjustifikasi sebuah hasil penelitian. 3. Teknik Pengujian Hipotesis Untuk menguji hipotesis digunakan Structural Equation Modeling (SEM), pengoperasiannya dengan paket program AMOS 5. Model Persamaan Struktural (SEM) adalah bentuk perluasan atau kombinasi dari beberapa teknik multivariate atau merupakan sekumpulan teknik-teknik statistical yang memunginkan pengujian sebuah rangkaian hubungan yang relative “rumit” secara simultan (Ferdinand, 2005: 7). Jurnal 2 TEMA : Analisis Kinerja Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Telkomsel Malang Area PENGARANG: Sri Hadiati, Sarwi Ruci LATAR BELAKANG FENOMENA: Era telepon selular, khususnya Global System for Mobile communications (GSM), memang baru marak dalam beberapa tahun belakangan ini. Dari segi teknologi dan merek serta jenis, ponsel yang beredar di Indonesia sama sekali tidak ketinggalan dari negara lain. Performance sebuah ponsel sangat tergantung pada kecepatan mengatasi masalah after sales service yang sangat diharapkan oleh pelanggan. TUJUAN PENELITIAN : untuk mengetahui kinerja kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dalam meningkatkan pemasaran jasa di Telkomsel Malang Area. METODE PENELITIAN: Sampel dalam penelitian ini sebanyak 113 orang yang merupakan 10% dari populasi (pelanggan Telkomsel Malang Area) pada bulan Juli 1998. Populasi dari penelitian ini bersifat infinite, karena jumlah pelanggan tersebut bervariasi setiap saat. Sampel yang digunakan ini dianggap telah mewakili dari seluruh populasi yang ada. Sampel dipilih secara acak sederhana (simple random sampling), hal ini dianggap telah representatif. JURNAL 3 TEMA : ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PRODUK TELKOM FLEXI DI KOTA SEMARANG. PENGARANG : HAIDIR HARUN ,Ir LATAR BELAKANG FENOMENA : Pada era globalisasi di saat kompetisi di bidang usaha semakin ketat, perusahaan-perusahaan harus mempunyai strategi pertahanan untuk mempertahankan konsumen melalui kualitas produk dan jasa yaitu waktu penyerahan lebih cepat, pelayanan yang lebih baik dibandingkan pesaingnya, dan empati yang tinggi kepada konsumen agar bisa ikut dalam persaingan seperti penelitian yang dilakukan oleh Seines 1993. Dimana hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa informasi produk atau jasa berpengaruh terhadap reputasi dan kepuasan konsumen, yang pada akhirnya reputasi dan kepuasan akan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Menurut Anderson & Lehman (1994), pelayanan yang berkinerja tinggi adalah pelayanan yang mampu memuaskan kebutuhan pelanggan atau dengan kata lain mampu melebihi harapan dari pelanggan. Rumusan masalah Dengan melihat uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa Telkom Flexi dalam hal ini Flexi Classy perlu melakukan evaluasi dan perbaikan strategi pemasaran yang dapat membangun persepsi pelanggan akan kualitas layanan dan citra perusahaan akan kepercayaan pelanggan terhadap kelebihan yang dimiliki Telkom Flexi khususnya Flexi Classy contoh adanya airtime maka pelanggan tidak perlu khawatir dengan tarif pembicaraan yang merupakan kelemahan GSM, khususnya bagi pelanggan dengan pola mobilitas terbatas dan pola panggilan lokal (Telkom, 2005). Berdasarkan uraian tersebut, maka pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini adalah : 5 • Apakah persepsi kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan ? • Apakah citra perusahaan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan ? • Apakah kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas perusahaan ? tujuan penelitian : Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : • Menganalisis pengaruh persepsi kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. • Menganalisis pengaruh citra perusahaan terhadap kepuasan pelanggan. • Menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas perusahaan. Kesimpulan atas 3 jurnal tsb Kualitas pelayanan berhubungan erat dengan Kepuasan pelanggan dan profitabilitas. Tingkat kualitas yang lebih tinggi akan menghasilkan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi. Oleh sebab itu para pemasar saat ini memandang tugas peningkatan kualitas produk dan jasa sebagai prioritas utama dalam memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Dengan semakin banyaknya produsen yang menawarkan produk dan jasa maka konsumen memiliki pilihan yang semakin banyak, sehingga kekuatan tawar menawar konsumen semakin besar. Hak-hak konsumen pun mulai mendapatkan perhatian besar terutama aspek keamanan dalam pemakaian barang/jasa tertentu. Label: METODE RISET Comments (0) |
||
Simply Blog © 2010 Created by Raymond Nourmanda.
|