![]() | |
Officially Weblog Simply Blog
"Best Viewed in Mozzila firefox or Google Chrome."
Simply Blog
Raymond Nourmanda - 112091118 manajemen 2009
Radio Ecekeduth
Request Your song's in Radio Ecekeduth
Social Network
![]() ![]() ![]() |
Selasa, 10 November 2009 @ 23.44
Alat pemrosesan system mikrokomputer adalah alat yang dimana instruksi-insturksi program diproses untuk mengolah data yang sudah di masukan lewat ala input dan hasilnya akan di tampilkan di alat output. Alat pemroses terdiri dari central prosessor atau CPU ( central prosessing unit) dan main memory. secara singkat media pemrosesan adalah bagian pemrosesan pusat (tempat computer melaksanakan perintah) Unit Pemproses Pusat atau CPU ( central processing unit) berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Media pemrosesan adalah media atau alat alat yang dimana instruksi-insturksi program diproses untuk mengolah data yang sudah di masukan lewat ala input dan hasilnya akan di tampilkan di alat output. Alat pemroses terdiri dari central prosessor atau CPU ( central prosessing unit) dan main memory. Dan untuk memudahkan dan mempercepat proses kerja computer agar bias efisien waktunya. secara singkat media pemrosesan adalah bagian pemrosesan pusat (tempat computer melaksanakan perintah). Processor/Prosesor (pemroses data) merupakan otak sebuah komputer, karena bentuknya yang kecil lebih sering di sebut sebagai prosesor mikro, atau mikroprosesor. Mikroprosesor (disingkat µP atau uP) adalah sebuah central Pada Era 70-an, pengunaan prosesor sangat berdampak pada implementasi CPU yang dipakai pada setiap PC yang beredar saat ini. Perkembangan prosesor masih berlanjut. Usaha untuk membuat prosesor bisa kompatibel dengan berbagai seri perangkat keras pun terus diusahakan.CPU adalah merupakan otak dari komputer, semakin tinggi kecepatan prosesor semakin tinggi kecepatan kerjanya, sedangkan memori merupakan tempat atau ruang pengolahan data serta tempat menjalankan sistem aplikasi, semakin besar kapasitas memori akan semakin besar pula data yang dapat diolah dan semakin banyak sistim aplikasi yang mampu dijalankan oleh komputer.
Solusi atau manfaat media pemrosesan adalah melakukan pekerjaan pemrosesan computer dengan cepat dan baik agar tidak membuang-buang waktu dengan percuma.
Jenis-jenis media pemrosesan terdiri dari CPU dan main memory : · CPU CPU (control prosessing unit) merupakan tempat pemrosesan instruksi – instruksi program. Pada computer mikro, prosesor ini di sebut dengan microprosessor. CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu unit pengndali ( control unit ) dan unit aritmatika dan logika (ALU). Disamping dua bagian tersebut CPU mempunyai beberapa simpanan yang berukuran kecil yang dinamakan register. Unit Pengolah Pusat (UPP) (CPU, singkatan dari Central Processing Unit), merujuk kepada perangkat keras computer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain, prosesor (pengolah data), sering digunakan untuk menyebut CPU. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal. Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU. CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki. Saat sebuah program dieksekusi, data mengalir dari RAM ke sebuah unit yang disebut dengan bus, yang menghubungkan antara CPU dengan RAM. Data kemudian didekode dengan menggunakan unit proses yang disebut sebagai pendekoder instruksi yang sanggup menerjemahkan instruksi. Data kemudian berjalan ke unit aritmatika dan logika (ALU) yang melakukan kalkulasi dan perbandingan. Data bisa jadi disimpan sementara oleh ALU dalam sebuah lokasi memori yang disebut dengan register supaya dapat diambil kembali dengan cepat untuk diolah. ALU dapat melakukan operasi-operasi tertentu, meliputi penjumlahan, perkalian, pengurangan, pengujian kondisi terhadap data dalam register, hingga mengirimkan hasil pemrosesannya kembali ke memori fisik, media penyimpan, atau register apabila akan mengolah hasil pemrosesan lagi. Selama proses ini terjadi, sebuah unit dalam CPU yang disebut dengan penghitung program akan memantau instruksi yang sukses dijalankan supaya instruksi tersebut dapat dieksekusi dengan urutan yang benar dan sesuai. a. CONTROL UNIT ( CU) Bagian ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada system computer. CU mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data di olah serta kapan data tersbut di tampilkan pada program computer, membawa data dari alat input ke main memory. Mengambil data dari mai memory untuk di olah bila ada instruksi untuk perhitungan arithmatika atau perbandingan logika, intinya CU mengirim instruksi tersebut ke ALU, hasil dari pengolahan data nya di bawa oleh CU ke mein memory lagi untuk disimpan. Jadi tugas atau fungsi dari CU adalah : 1. Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output 2. Mengambil instruksi dari main memory. 3. Mengambil data adri main memory jika di perlukan oleh proses. 4. Mangirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika serta mengawasi kerja ALU 5. Menyimpan hasil proses ke main memory. b. Arithmathic and logical unit ( ALU) Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan operasi aritmatika dengan dasar pertambahan , dan system operasi aritmatikanya menggunakan seperti pengurangan, perkalian, petambahan, dan pembagian. ALU sering di sebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder. Tugas laindari ALU adalah melakukan keputusan darin operasi logika sesuai dengan instruksi program. Dan unsure-unsur elemen logika dan operator logika yaitu : 1. Sama dengan (=) 2. Tidak sama dengan (<>) 3. Kurang dari (<) 4. Kurang atau sama dengan dari (<=) 5. Lebih besar ( >) 6. Lebih besar atau sama dengan dari (>=) c. Register Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya di gunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya. Secara analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika. Program yang berisi kumpulan dari instruksi-instruksi dan data diletakkan di memori utama yang diibaratkan sebagai sebuah meja. Kita mengerjakan program tersebut dengan memproses satu per satu instruksi-instruksi yang ada di dalamnya, dimulai dari instruksi yang pertama dan berurutan hingga yang terakhir. Instruksi ini dibaca dan diingat (instruksi yang sedang diproses disimpan di register). Dengan demikian, ada tiga macam memori yang dipergunakan di dalam sistem komputer, yaitu: Ada banyak register yang terdapat pada CPU dan masing-masing sesuai dengan fungsinya. Di bawah ini akan diberikan penjelasan secara garis besar dari masing-masing register: Sebagai tambahan dari register, beberapa CPU menggunakan suatu cache memory yang mempunyai kecepatan sangat tinggi dengan tujuan agar kerja dari CPU lebih efisien dan mengurangi waktu yang terbuang. Tanpa cache memory, CPU akan menunggu sampai data atau instruksi diterima dari memori utama, atau menunggu hasil pengolahan selesai dikirim ke memori utama baru proses selanjutnya bisa dilakukan. Padahal proses dari memori utama lebih lambat dibanding kecepatan register sehingga akan banyak waktu terbuang. Dengan adanya cache memory, sejumlah blok informasi pada memori utama dipindahkan ke cache memory dan selanjutnya CPU akan selalu berhubungan dengan cache memory. · Array prosessor Bila sejumlah besar dari perhitungan harus dilakukan, maka untuk mempercepat proses biasanya dipergunakan unit tambahan yang disebut dengan array processor atau co-processor. Unit ini terpisah dari unit lainnya yang dapat ditambahkan pada pemroses utamanya. Dengan perkembangan teknologi sekarang, unit pemroses tambahan ini sudah tidak diperlukan lagi karena pemroses mikro yang ada sudah mampu menangani perhitungan dengan kemampuan dan kecepatan yang sangat tinggi. Teknologi pemroses tambahan ini diperlukan untuk komputer-komputer mikro lama, misalnya yang masih menggunakan pemroses utama seri 8088 hingga 80486. · Main memory CPU hanya dapat menyimpan data dan instruksi di register yang berukuran kecil sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi yang dibutuhkan untuk keseluruhan proses program. Untuk mengatasi hal ini, maka CPU harus dilengkapi dengan alat penyimpan yang berkapasitas lebih besar yaitu memori utama. Unit ini dapat dibayangkan sebagai sekumpulan kotak-kotak yang masing-masing dapat menyimpan sepenggal informasi baik berupa data maupun instruksi. Tiap-tiap lokasi dari kotak ditunjukkan oleh suatu alamat (address), yaitu berupa nomor yang menunjukkan lokasi tertentu dari kotak memori. a. RAM (random acces memory) Semua data dan program yang dimasukkan melalui alat input akan disimpan terlebih dahulu di memori utama, khususnya RAM, yang dapat diakses secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya) oleh pemrogram. Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu: Input yang dimasukkan melalui alat input akan ditampung terlebih dahulu di input storage. Bila input tersebut berupa program maka akan dipindahkan ke program storage, dan bila berbentuk data maka akan dipindahkan ke working storage. Hasil dari pengolahan juga ditampung terlebih dahulu di working storage dan bila akan ditampilkan ke alat output maka hasil tersebut dipindahkan ke output storage. b. ROM ( Read only memory ) Dari namanya, ROM hanya dapat dibaca sehingga pemrogram tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM. ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya berupa sistem operasi yang terdiri dari program-program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer, seperti misalnya program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer diaktifkan. Proses mengaktifkan komputer pertama kali ini disebut dengan booting, yang dapat berupa cold booting atau warm booting. c. Jenis-jenis main memory c.1 Vaccum tube Computer generasi pertama ENLAC pada tahun 1946 menggunakan komponen tabung hampa udara untuk main memory. Vaccum tube ini relative berukuran besar dan tiap-tiap tabung hampa udara mewakili nilai 1 bit. Dan apabila main memorynya 64 kb maka total tabung hampa udaranya adalah sebanyak 524288. Dan pasti computer tersebut berukuran besar. c.2 magnetic core storage selama 10 tahun di antara tahun 1960 sampai tahun 1970, penggunaan magnetic core storage sebagai komponen min memory telah banyak di gunakan yang terdiri dari ribuan cincin magnetic kecil berukuran diameter 18mm dengan lubang diameter 10mm. berwujud seperti kue donat tipa core di hubungkan dengan kabel kawat membentuk suatu bidang core (core plane) c.3 Planar thin-film storage planar tihn-film storage terbuat dari lempengan tipis keramik atau metal tembus pandang kecil di hubungkan dengan kabel-kabel. c.4 Semiconductor storage sejak tahun 1970an sampai sekarang, semiconductor storage mulai banyak di gunakan untuk mian memory. Sekarang semiconductor storage terbuat dari dari VLSI (very large scale integration). Integration berarti meletakaan sejumlah besar sirkuit ke dalam satu chip. Chip yang berukuran kecil dari ibu jari menyimpan ribuan karakter. Sekarang sebuah chip memory dapat berkapasitas 64kb dan sedang di kembangkan sampai 256kb. Teknologi yang di pergunakan oleh semi conductor storage adalah metal-oxide semiconductor (MOS). Semi conductor storage sifatnya adalah volatile (isi dari meori akan hilang bila arus listrik di putus). Karean voltatile ini, bila arus listrik tiba-tiba terputus secara mendadak. Padahal proses belum selesai di lakukan, maka semua data yang di simpan di RAM akan hilang. Suatu alat yaitu UPS (uniterruptible power system ) dapat digunakan untuk mengatasinya. Alat ini akan menyediakan arus beberapa jam bila listrik tiba-tiba padam, sehingga tidak menggangu proses yang sedang di lakukan. · Hubungan antara CPU dengan main memory dan alat-alat I/O a. Bus Hubungan antara CPU dengan memori utama ataupun dengan alat-alat input/output (I/O) dilakukan melalui suatu jalur yang disebut dengan bus. Hubungan antara CPU dengan memori utama melalui jalur bus yang dilekatkan pada MDR, MAR, dan unit kendali dalam CPU. Sedangkan bus yang menghubungkan CPU dengan alat-alat I/O tidak dilekatkan langsung ke alat-alat I/O, tetapi dapat dilakukan melalui suatu alat I/O port atau DMA controller atau I/O channel. I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana. Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web). · MEKANISME KERJA · PEMROSESAN INSTRUKSI Jika pemrogram menginginkan CPU untuk mengerjakan sesuatu, maka harus ditulis suatu instruksi yang dapat dipahami oleh CPU. Kumpulan dari instruksi inilah yang disebut dengan program. · CARA KERJA CPU Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama sekali diletakkan di RAM (melalui Input-storage); apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage). Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan. Hasilnya ditampung di Accumulator. Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.
· PERCABANGAN INSTRUKSI Pemrosesan instruksi dalam CPU dibagi atas dua tahap, Tahap-I disebut Instruction Fetch, sedangkan Tahap-II disebut Instruction Execute. Tahap-I berisikan pemrosesan CPU dimana Control Unit mengambil data dan/atau instruksi dari main-memory ke register, sedangkan Tahap-II berisikan pemrosesan CPU dimana Control Unit menghantarkan data dan/atau instruksi dari register ke main-memory untuk ditampung di RAM, setelah Instruction Fetch dilakukan. Waktu pada tahap-I ditambah dengan waktu pada tahap-II disebut waktu siklus mesin (machine cycles time). Penghitung program dalam CPU umumnya bergerak secara berurutan. Walaupun demikian, beberapa instruksi dalam CPU, yang disebut dengan instruksi lompatan, mengizinkan CPU mengakses instruksi yang terletak bukan pada urutannya. Hal ini disebut juga percabangan instruksi (branching instruction). Cabang-cabang instruksi tersebut dapat berupa cabang yang bersifat kondisional (memiliki syarat tertentu) atau non-kondisional. Sebuah cabang yang bersifat non-kondisional selalu berpindah ke sebuah instruksi baru yang berada di luar aliran instruksi, sementara sebuah cabang yang bersifat kondisional akan menguji terlebih dahulu hasil dari operasi sebelumnya untuk melihat apakah cabang instruksi tersebut akan dieksekusi atau tidak. Data yang diuji untuk percabangan instruksi disimpan pada lokasi yang disebut dengan flag.
· KESIMPULAN berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan. Dan memberikan kemudahan dalam penggunaaan computer, menghemat waktu,dan pekerjaan yang lain tidak terbengkalai.
KELOMPOK 8 KELAS 1EA15 RAYMOND NOURMANDA SIMON MARULY NUGRAHA HASAN Comments (0) |
||
Simply Blog © 2010 Created by Raymond Nourmanda.
|